Macam-macam Jenis Bahan Pakaian untuk konveksi

Pakaian yang kita gunakan sehari hari bukan sekedar dibedakan dari ragam, corak, design maupun warna, tapi yang peling berperan adalah jenis bahan yang digunakan untuk membuatnya yang disesuaikan dengan penggunaannya.

Untuk para pelaku usaha konveksi, pengenalan sifat bahan ini sangat diperlukan untuk memberikan masukan kepada pelanggan tentang jenis bahan apa yang paling cocok untuk digunakan sesuai kebutuhan.

Sebagai konsumen, kita juga harus tau jenis bahan apa yang paling cocok bila kita akan membuat suatu pakaian di pelaku usaha konveksi. Adapun jenis bahan yang biasa digunakan antara lain :

1. Katun
Bahan katun merupakan bahan umum yang sering digunakan untuk membuat pakaian, karena sifat bahannya yang lembut sehingga nyaman digunakan untuk berbagai kondisi. Meskipun lembut, serat katun sangat kuat dan tahan lama asalkan dilakukan perawatan dengan baik.
Katun sendiri terdiri atas beberapa jenis sesuai dengan ukuran ketebalannya. Umumnya tiingkat ketebalan bahan jenis katun untuk membuat pakaian disesuaikan dengan penggunaan pakaian itu nantinya.

2. Wol
Wol merupakan bahan yang terbuat dari bulu domba dan biasanya digunakan untuk jenis pakaian yang hangat. Sifat bahan yang elastis mengharuskan pengguna pakaian jenis bahan wol ini harus memperhatikan perawatannya untuk menghindari penyusutan atau melar. Selain itu proses pencuciannya juga harus diperhatikan untuk menghindari serat serat wol menjadi rusak

3. Nilon

Nilon merupakan bahan pakaian jenis sintetis, karena sifat bahan yang lebih mudah menyerap warna dan rentan luntur. Umumnya jenis bahan ini relatif lebih panas bila digunakan dibandingkan dengan bahan katun.

4. Sutra

Sutra merupakan bahan yang bertipe sangan halus dan lembut. Jenis bahan sutra sendiri dibuat dari ulat sutra yang menghasilkan serat dan digunakan untuk pembuatan jenis bahan pakaian.

Untuk bahan jenis sutra sendiri memerlukan perawatan yang sangat khusus baik dari saat mencuci, penjemuran hingga penyetrikaan agar tidak merusak tekstur bahannya.

Masih ada beberapa jenis bahan yang biasa digunakan untuk pakaian lainnya, namun secara umum untuk usaha konveksi biasanya menggunakan bahan ini untuk proses pembuatan pakaian.

Leave a Reply