Langkah Mudah Belajar Sablon

Bagi anda yang mempunyai minat untuk belajar sablon, Ikuti langkah-langkah mudah berikut :

a. Persiapan alat dan bahan

b. membuat film (gambar design di media kertas. Contoh kertas HVS)

c. pembuatan Afdruk pada screen

d. persiapan media yang di sablon

e. penyablonan

f. pengeringan

Perlengkapan

a.  Screen

screen printing

Screen merupan media yang digunakan sebagai penghantar tinta sablon ke objek sablon / kain. Ukuran screen dapat di sesuaikan dengan kebutuhan misal ukuran 30 x 40 cm.

b. Film Sablon

Film sablon merupakan cetak design baik berupa gambar maupun tulisan di media kertas/plastik yang akan dituangkan ke objek sablon membuat proses afdruk diatas screen.  Umumnya film dicetak menggunakan print laser untuk hasil yang maksimalfilm

c. Rakel
RakelRakel berfungksi untuk memidahkan tinta sablon yang ada di screen sehingga gambar  terbentuk pada objek sablon

d.  Tinta sablon

Banyak jenis dan macam tinta sablon ada di pasaran. untuk pemilihan jenis tinta,  dapat disesuaikaan dengan design maupun bahan karena pemilihan tinta yang baik yang disesuaikan dengan jenis bahan akan mengasilkan kualitas sablon yang baik.  macam-macam-sablon-plastisol

Pembuatan Negatif Film

Untuk pembuatan film dapat dilakukan dengan melumuri gambar / tulisan (design) yang telah dibuat dengan minyak tanah / minyak sayur. Pelumuran minyak ini dimaksudkan agar objek design dapat terlihan transparan.

Untuk design yang dicetak menggunakan plastik transparat (proyektor) tidak perlu melakukan teknik ini.

Persiapan Screen

Setelah film dibuat, dilanjutkan dengan proses penyiapan screen dengan cat / cairan yang digunakan untuk media film yang akan di sablon. Oleskan cairan / cat secara merata dalam ruangan yang kurang cahaya menggunakan rakel. setelah rata keringkan dengan menggunakan hairdrayer / pengering.

Proses Afdruk

proses-penyinaran-obat-afdrukxxSetelah media screen siap, selanjutnya adalah proses afdruk. Proses ini merupakan proses mencetak negatif film ke dalam screen dengan langkah-langkah :

  1. letakan film di sisi atas screen dan usahakan diletakan secara proporsional dengan ukuran screen
  2. Tindih film tersebut dengan menggunakan kaca transparan yang berfungsi untuk menahan dan manjernihkan hasil afdrukan.
  3. berikan penyinaran screen bersama film dan kaca selama 10 menit
  4. setelah selesai, cuci screen dengan air dan keringkan. Proses afdruk yang sukses adalah terjadinya perpindahan film ke screen, sehingga screen dapat digunakan untuk proses sablon.
  5. Proses penyiapan dan afdruk dapat dilanjutkan dengan proses menyablon

Proses Menyablon

sablonSiapkan cat dan media yang akan disablon. Encerkan cat dengan Menggunakan pengencer kemudian tuangkan cat secukupnya pada sisi belakang screen. Kemudian tempatkan screen pada media yang akan disablon lalu gosok cat tersebut secara searah. Angkat screen dan lihat hasilnya pada media sablon.

Leave a Reply